SELAMAT DATANG DI SITUS KAMI

1.23.2011

Guitar Klasik Untuk Pemula

Seperti yang saya tulis sebelumnya tentang belajar gitar klasik untuk pemula, tapi ini yang saya beri judul tidak jauh berbeda dari judul sebelumnya, dan isi tulisannya juga tidak jauh berbeda hanya saya kembangkan, karena tulisan yang sebelumnya tentang pemain gitar yang sudah merasa bisa tapi ingin belajar gitar klasik. baik lah kita mulai saja. Untuk belajar gitar klasik untuk pemula tidaklah sesulit seperti yang pernah bisa bermain gitar, tapi jangan salah ada beberapa permasalahan bila kita mengajar bagi pemula yang sudah dewasa atau yang sudah remaja. Biasanya ini juga susah sekali untuk di atur karena merasa nyaman dalam memangku gitar dan posisi duduk, kepada para pemula baik itu yang remaja atau yang dewasa, agar bisa memahami ini tentunya untuk kepentingan kalian juga demi kalian juga yang merasa baru belajar gitar klasik untuk lebih baik, yang anda perlu diketahui dalam belajar gitar klasik, yang pertama adalah posisi duduk dan memangku gitar, bila seorang guru tidak mengajarkan posisi duduk dan memangku gitar yang baik, anda harus berpegang teguh, untuk duduk aga tegap pinggang tidak di bungkukan dan memangku gitar di atas paha kaki kiri, dan ingat apapun alasanya bila anda tidak melakukan posisi itu dengan baik dan benar, saya pastikan anda akan mendapat kesulitan saat anda bermain gitar dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Disini saya katakan untuk anda bukan saya melarang untuk memangku gitar di sebelah kanan, tapi anda harus bisa nyaman dulu untuk cara duduk memangku gitar yang benar, bila sudah benar dan nyaman anda melakukannya barulah anda bebas terserah anda bagaimana cara anda yang anda inginkan dalam posisi duduk. Dan perlu anda ketahui untuk pemula bagi belajar gitar klasik, tidak sumua guru menerapkan tehnik ini dan bila anda sudah membaca artikel saya dan tidak ada salahnya anda menerapkan apa yang saya jelaskan, dan anda harus berpegang teguh bahwa inilah yang benar, bila guru kalian merubah posisi cara duduknya saya harap anda tetap pada pendirian anda sendiri, dan anda tinggal mengatakan bahwa anda sudah terbiasa dengan cara duduk yang seperti ini. Kepada para pemula belajar gitar klasik agar anda lebih kritis dalam menerima pelajaran dari sang guru, saya katakan sekali lagi tidak semua guru itu menerapkan dengan benar dan setiap guru itu berbeda-beda cara memberi pengajarannya, agar anda tidak merasa di rugikan, karena waktu belajar hanya 1/2 jam 30 menit, sebulan hanya 4 kali pertemuan, nah waktu yang singkat ini bagaimana agar anda merasa efektif dalam belajar agar tidak merasa rugi karena biaya kursus juga tidaklah sedikit yang anda keluarkan. ini hanya informasi bagi anda, jadi yang sebenarnya anda kursus gitar klasik adalah belajar tehnik gitar dan bukan belajar bermain lagu, ini yang salah kaprah yang juga merugikan bagi anda sendiri. Yang anda perdalam dan pelajari adalah tehniknya dan tehnik ini bermacam-macam, bila anda tidak kritis anda akan merasa rugi dan akan sia-sia walaupun anda bisa itu juga tidak maksimal jadi agar anda tidak merasa rugi yang pertama-tama untuk anda ketahui adalah cara duduk yang benar, memangku gitar yang benar yaitu gitar di posisi kaki kiri. Ini untuk awal, lalu yang anda dapatkan dari guru adalah tehnik bukan lagunya, tehnik membaca ketukan dan bukan anda tulis untuk mempermudah cara membacanya, ini juga banyak sekali di lakukan oleh para murit dan kadang juga gurunya menganjurkan. saya katakan sekali lagi ini salah, setelah itu tehnik ketukan yang anda dapatkan, jangan mengganti halaman pada buku sebelum anda menguasai ketukan. Nah inilah langkah awal untuk pegangan bagi anda yang ingin belajar gitar klasik agar tidak salah arah, sia-sia, buang-buang waktu, tidak merugikan dan cepat bisa bermain gitar yang profesionan. Bila anda merasa bingun saya akan membantu untuk menjelaskan pertanyaan yang anda tanyakan kepada saya. sekali lagi semoga anda dapat menjadi seorang gitaris yang menjadi kebanggaan untuk gurunya dan orang tua anda. Sekian dari saya semoga bermanfaat dan saya akan menulis lagi tentunya tentang gitar klasik dengan judul yang berbeda. sekian dan trima kasih untuk para pembaca.

4 comments:

  1. Keliatannya susah nih blajar gtar klasik

    ReplyDelete
  2. butuh brapa lama untuk bisa blajar gitar klasik untuk belajar gitar klasik apa yang harus saya kuasain soalnya susah juga dan saya aga bingung belajarnya.

    ReplyDelete
  3. apa perbedaan antara gitar pop klasik dan gitar klasik ini yang kadang bembuat saya bingung karena ada yang berpendapat kalau ini emang ada perbedaannya. dan kalau pop klasik dan klasik itu juga beda artinya atau permainannya... mohon tanggapannya trimakasih....

    ReplyDelete
  4. kayak mana cara memasukan nada yang baik?
    soalnya bagitu saya mencoba untuk menemukan(membuat) nada sendiri nadanya sering tidak masuk, walau ada beberapa nada yg masuk..

    ReplyDelete