SELAMAT DATANG DI SITUS KAMI

12.27.2010

** TEHNIK BELAJAR MELODI

TEHNIK BELAJAR MELODI


Melodi adalah Rangkaian bunyi musical dari berbagai frekuensi dengan panjang pendek beragam yang di tata secara logis (tidak acak) sehingga memiliki arti yang bisa di tangkap oleh telinga. Bisa di mainkan sendiri, bisa pula di iringi dengan akord. Pada dasarnya, semua music dari pop hingga simfoni untuk orkertra berisi gabungan berbagai melodi. Secara tehnis, melodi biasanya dibuat dengan memperhatikan gerakan naik turun nada, pola retmik, nada dasar yang di gunakan, bentuk/struktur musik, hingga pengaruhnya terhadap emosi pendengar. (JUBING KRISTIANTO GITAR PEDIA)
Untuk belajar melodi khususnya untuk pemula sebenarnya tidak lah sulit asal mau berlatih,tidak segan bertanya,tidak pernah menyerah bila menghadapi kesulitan, bila kita mau berusaha pasti ada jalan keluarnya. Bagi yang sudah mahir ini tentunya sangat mudah hanya sekali main sudah menciptakan melodi bahkan hasilnya sangat beragam, tapi bagi pemula itu sangat menyulitkan. Tapi anda tidak perlu kawatir di blok ini saya akan menjelaskan secara gamblang dan bertahap kalau bisa langsung anda coba di gitar anda.
Untuk yang pertama anda harus tau tangga nada yang mudah saja. saya ambil contoh yang mudah yaitu tangga nada C major Yang terdiri dari. C – D – E – F – G – A – B – C ingat untuk belajar melodi ini anda sudah bisa memainkan akord atau yang biasa anda kenal kunci gitar. bila anda belum bisa silahkan buka di blok kami tentang “langkah cepat untuk gitar pemula” Baik lah sekarang kita mulai. Coba anda sekarang mainkan tangga nada C ingat tangga nada C ada jaraknya dan ini jarak nadanya 1 – 1 – ½ - 1 – 1 – 1 – ½ bila anda sudah memainkan tangga nada, sekarang coba anda mainkan akord C, boleh anda kocok atau di petik tapi perlahan, lalu anda amati akord C yang anda tekan terdiri dari nada apa saja yang anda tekan pada gitar. Senar yang anda tekan terdiri dari nada C – E – C sedangkan akor C itu ada 3 nada yaitu C – E – G Sekarang coba perhatikan lagi tangga nada C –D – E – F – G – A – B – C untuk akor C – E – G adalah melodi poko pada akor C. apa anda masih bingung baiklah sekarang pegertiannya adalah akor C itu terdiri dari nada C – E – G nah nada C –E – G inilah yang di jadikan sebagai melodi poko. Silahkan anda mencoba untuk bunyikan akor C, dan teman anda untuk memetik nada C atau E atau G akan terdengar nada yang serasi, bila anda mampu bunyikan secara bersamaan lakukan berkali-kali hingga anda merasa tidak asing nada yang anda bunyikan. ini adalah belajar melodi untuk pemula.
Setelah anda memahami ketiga nada itu sekarang kita lanjut pada melodi selanjutnya. Yang kita gunakan tadi adalah Nada C – E – G lalu apakah nada lain bisa di gunakan untuk melodi ya bisa. Intinya yang ketiga nada itu kita jadikan nada poko sedangkan yang lain kita jadikan nada penyambung atau nada penghubung kesalah satu nada poko. Misalnya anda akan memetik nada E anda bisa memulai dari dan D – F - E atau dari A – B – C – D – E. Pada intinya terserah anda mulai dari mana nada poko adalah nada yang terahkir anda bunyikan.
Kalau dari kita belajar melodi dengan satu akor sekarang kita coba dengan 3 akord kita gunakan yang simpel aja kita gunakan akord C F G. Kalau yang nada C kita sudah tau nada pokonya yang untuk di jadikan melodi sekarang tinggal akord F Caranya sama seperti anda menekan nada C Cobalah anda tekan nada F maka yang di hasil kan adalah nada F – A – C. sekarang untuk nada G pada saat anda menekan nada G maka yang di hasilkan adalah nada G – B – D. Sekarang coba anda minta bantuan pada teman anda untuk memainkan akord C – F – G lalu di kocok dengan birama 4/4 artinya akord C 4x jreng, F 4x jreng dan G 4x jreng. Sekarang anda liat nada antara C dan F ada nada yang sama yaitu nada C. mulailah anda coba anda memetik saat teman anda jreng C anda metik nada C 4x, saat temen anda ke nada F anda tetap di nada C 4x lalu anda pindak petikan ke nada D serentak dengan teman anda. nada yang anda hasilkan akan serasa harmonis cobalah terus menerus hingga anda tepat memetik lagu. Selamat mencoba.
Sekarang kita perhatikan pada melodi yang ada pada C pada dasarnya sama seperti yang di atas anda boleh memainkan nada dari mana saja, nada terakhir adalah nada pokonya. bila anda masih bingung teruslah mencoba, sampai anda mengerti tapi bila anda sulit untuk memahami jangan segan untuk bertanya ini baru tahap awal.
Bila kita bermain music khususnya gitar secarah serius itu tidak mudah, tapi bila kita hanya sekedar bisa. Cukup anda mengerti dan di pratekkan berulang-ulang anda sudah bisa, tapi kalau dikatakan mahir itu belum. Tapi tidak perlu khawatir bila anda serius ingin belajar agar nahir main gitar jangan segan bertanya dan banyak mendengar music.
Mungkin anda masih merasa bingung untuk memainkan sebuah melodi. Baiklah sekarang saya akan buad susunan tangga nada untuk memainkan melodi dan ini lebih luas juga anda bisa mengembangkan dalam permainan melodi.
Tangga nada C: C – D – E – F – G – A – B – C akor C melodi C – E – G
Tangga nada G: G – A – B – C – D – E – Fis – G akor G melodi G – B – D
Tangga nada D: D – E – Fis – G – A – B – Cis – D akor D melodi D – Fis – A
Tangga nada A: A – B – Cis – D – E - Fis – Gis – A akor A melodi A – Cis – E
Tangga nada E: E – Fis – Gis – A – B – Cis – Dis – E akor E melodi E – B – Gis
Tangga nada B: B – Cis – Dis – E – Fis – Gis – Ais – B akor B melodi B – Fis – Dis
Tangga nada F: F - G – A – Bes – C – D – E – F akor F melodi F – Bes – C
Mungkin dari susunan ini anda mulai mengerti, jadi pada dasarnya bila anda memainkan akor yang ada salah satu di atas anda tinggal memainkan melodi yang tertera di atas. Selain nada melodi, nada yang lain sebagai penghubung atau pemanis melodi. Nah sekarang anda tinggal mempraktekan bila anda merasa kesulitan jangan menyerah. Ini adalah latihan melodi dasar tapi dari dasar ini akan menjadi luar biasa. Jangan berfikir yang lain contohnya ingin melodi blus atau jes bukannya tidak boleh, kalau saran saya kuasain satu-satu dulu nah dari situ anda bisa mengembangkan yang lebih jauh. Untuk memainkan melodi zes atau blus saya juga sudah menyiapkan di blok ini juga. Bila anda merasa kesulitan dan bingung jangan segan bertanya dengan senang hati saya akan membantu anda untuk menjadi gitaris yang handal….. selamat mencoba…

1 comment:

  1. thx banget selama ini bingung untuk belajar molodi tapi sekarang dah ada gambaranya tapi kalau nanti ga ngerti boleh nanya ga?

    ReplyDelete