SELAMAT DATANG DI SITUS KAMI

12.27.2010

** TEHNIK MENCIPTAKAN LAGU DAN INSTRUMEN

TEHNIK MENCIPTAKAN LAGU DAN ISTRUMEN


Pengertian lagu dan instrumer.
Lagu atau music yang sudah jadi yang terdiri dari iringan music dan syair lagu. Sedangkan instrumer adalah sebuah arsemen lagu yang sudah tersusun acordnya dari awal sampai akhir dan sudah terbentu lagu. Jadi perbadaan lagu dengan aresemen adalah lagu terbentu lirik dan music sedangkan arasemen hanya music saja.
Bagaimana cara membuat lagu
Cara membuat lagu tentunya anda sendiri harus mengenal acord lebih luas. Seorang musisi khususnya gitar mereka menyebutnya accord. bagi orang awam mereka menyebutnya kunci lalu mana yang benar penyebutannya. yang benar adalah accord. Saya akan memberikan penjelasan bagaimana cara membuat lagu. Ini bagi mereka yang sudah bisa memainkan lagu atau menyanyikan lagu, bisa di bilang sudah mahir memain music. Untuk terbentuknya sebuah lagu anda harus mengerti tentang Family cord lalu family cord itu apa aja? Famili cord itu terdiri dari:
M-m-m-M-M7-m-mdim-M
C-D-E-F-G7-A-Bdim-C
Pengertianya adalah bila kita mainkan lagu cord awalnya C jadi majornya terdiri dari C – F - G7 dan sisanya adalah minor. Yang hurupnya besar ini adalah major sedangkan yang kecil hurupnya adalah minor. Bila anda memainkan gitar dengan komposisi acordnya C – F – G7 musik itu sudah jadi arsemen mudahkan bikin lagu. Kalau acordnya di ganti apakah komposisinya juga sama.? saya katakan Ya sama, intinya rumus M-m-m-M-M7-m-mdim-M tidak berubah yang berubah adalah susunan acordnya kalau yang di atas saya menuliskan awalnya C anda bisa mengganti dengan D atau E atau juga yang lainnya. Cukup mudah kan. sekarang kita ambil contoh silahkan anda mengambil gitar dan mainkan lagu dari komposisi C – F – G7. Tapi di sini anda cukup memainkan dengan 2 acord saja yaitu C – G7 Dan coba anda menyayikan lagu yang berjudul LIHAT KEBUNKU, NAIK DELMAN atau TOM DOLY hanya 2 acord sudah menghasilkan lagu dan syairnya, lalu bagaimana bila anda memainkan 3 buah accord ini sudah tentu puluhan lagu anda dapat memainkannya bila anda rajin, nah sekarang anda bisa mengarang sebuah lagu dari mana saja awalan acordnya.
Mungkin anda masih bingung tentang accord baiklah kita mulai lagi dari awal.
M – m – m – M – M7 – m – mdim – M
C – D – E – F – G7 – A – Bdim – C komposisinya C – F - G7
D - E – Fis - G – A7 – B – Cis – D Komposisinya D – G – A7
G – A – B – C – D7 – E – Fis – G Komposisinya G – C – D7
A – B – Cis – D – E7 – Fis – Gis - A Komposisinya A – D – E7
E – Fis – Gis – A – B7 – Cis – Dis – E Komposisinya E – A – B7
B – Cis – Dis – E – Fis – Gis – Ais – B Komposisinya B – E – Fis7
F – G – A – Bes – C – D – E – F Komposisinya F – Bes – C
Nah mungkin ini akan lebih bisa membantu anda, sekarang coba anda perhatikan bila anda memainkan lagu dari cord C anda bisa merubah atau mengganti acordnya sesuai dengan komposisinya yang terdiri dari Major dan major 7 dan selebihnya adalah minor. Tinggal dari mana anda akan memulai lihat komposisinya dan sisanya adalah minor Selamat macoba.
Bagaimana cara membuat lirik lagu ini sangat menarik kenapa demikian karena biasanya orang membuat lagu sudah selesai aresemennya tapi bingung memasukan tex liriknya begitu juga sebaliknya, tapi keduanya itu betul anda bisa memulai dari membuat liriknya dulu atau anda membuat arsemen musiknya dulu itu sama saja tergantung dari mana anda bisa enak dan enjoe.
Sekarang kita mulai cara membuat syair lagu. Yang pertama-tama anda harus menentukan temanya terlebih dahulu, membuat syair lagu seperti anda membuat puisi tapi bila anda berfikir akan membuat syair lagu tentu anda akan mengalami kesulitan. tapi bila anda membuat puisi akan sangat mengasikkan bukan. Nah sekarang cobalah anda membuat puisi tapi ingat membuat puisi adalah mencurahkan isi hati yang kita tuangkan dalam bentuk tulisan yang mengalir begitu saja, tanpa kita berfikir karena bila kita membuat puisi dengan berfikir hasil yang kita dapat kurang maksimal. Tapi banyak juga orang membuat syair lagu dengan berfikir dan hasilnya cukup bagus nah yang membuat bagus adalah arsemen lagunya. Nah sekarang cobalah anda menentukan temanya, bebas apasaja jadi tema ini menceritakan tentang sesuatu apakah itu tentang percintaan, kekecewaan, penghianatan cinta, tentang apa saja yang membuat anda nyaman dalam menulis dan enjoe.
Dalam menulis untuk syair lagu haruslah jelas jalan ceritanya ga mesti harus panjang atau pendek sair itu. Nah di dalam membuat syair lagu harus di ingat ada penekanan lagu atau penekanan nada, kalau di music klasik ini namanya aksen. Setelah anda selesai membuat syair tinggal anda mencocokan atau mencari arsemen musiknya nah sekarang silahkan anda mencoba bila anda mengalami kesulitan jangan segan untuk bertanya dengan senang hati saya akan membantu.
Seperti apa yang saya terangkan di atas itu sangat mendasar, hanya 3 akor sudah jadi arsemen lagu, maksud saya tentang penulisan di atas ada tahapan, saya menyarankan gunakan 3 akor dahulu dan anda mencari iringan yang baik dan enak di dengar, cara membunyikan bebas sesuai selera anda sendiri, dan 3 akor ini juga bebas mulai dari akor mana aja. Teruslah mencari nada yang menurut anda pas di telinga. Setelah selesai anda mendapatkan apa yang anda inginkan baru anda masukan syair. Ga usah terlalu panjang lalu anda berusaha untuk mencocokan nadanya. Selamat mencoba…

1 comment:

  1. sebenarnya butuh brapa lama bisa bikin lagu yah aga bingung juga antara lagu dan syair

    ReplyDelete