SELAMAT DATANG DI SITUS KAMI

12.30.2010

Tehnik Mengajar Musik 1

Dalam mengajar musik setiap guru mempunyai cara yang berbeda, dan tehnik yang berbeda tapi ada juga para guru yang dudah lama mengajar banyak yang menemukan beberapa kendala, seperti beberapa guru yang biasa mengajar dengan orang yang matoritas pernah bisa bermain alat musik. nah para guru tentunya ini yang di sukai oleh beberapa guru dan mendapat kemudahan dalam mengajar. tapi bila seorang guru menemukan murid yang tak pernah tau dunia musik atau baru pertama belajar alat musik tentunya ini membutuhkan cara tersendiri. dan bila murit itu setiap di terangkan olah gurunya dia langsung mengerti,ini tidak akan menjadi masalah, tapi bila di terangkan sang murid tak kunjung mengerti ini yang jadi masalah, biasanya bila guru menemukan murid yang seperti itu tebih sering mengelus dada. menahan sabar, ada juga guru yang tak sabar akhirnya bawaannya selalu marah terhadap murid. ini guru yang sudah lama mengajar bagaiman bila guru itu baru mulai mengajar dan menemukan murid yang demikian tentu sanyat merepotkan. ada lagi bila kita biasa mengajar orang dewasa, taruh lah dia berumur 14 tahun atau kelas 1 SMP ini mungkin tidak terlalu banyak yang di persalah kan selagi murid itu bisa mengerti setiap kita terangkan, nah sekarang bagaimana bila kita menemukan murid yang berumur 7 tahun atau 6 tahun tentunya ini sangat sulit. dari pengalaman saya dalam mengajar ada beberapa yang saya praktekan dan ini cukup berhasil, karena selama saya mengajar musik banyak sekali murid yang beragam pembawaanya dan beragam karakternya, pada awalnya emang sangat sulit tapi berbagai cara saya coba akhirnya saya menemukan cara mengajar yang baik, tentunya ini tak lepas dari pengalaman saya dalam mengajar. oke sekarang kita mulai yang dewasa dulu.
1. pada pertemuan awal yang kita lakukan jangan langsung kita suruh murid itu memegang alat musik, suruh duduk di tempatnya lalu kita tanya siapa namanya, usianya, apa kegiatannya, kenapa senang dengan musik, belajar musik atas kemauan sendiri apa di suruh orang tua, bila kemauan sendiri ini kita tidak akan mendapat kesulitan dalam mengajarnya nanti.
2. dalam hal ini kita butuh karakter murid apakah orangnya pendiam apa aktif dalam berbicara, ini sangat penting karena biasanya murid merasa kalau yang di hadapinya nanti galak. nah kita untuk itu di butuh kan, bagaimana sih...? karakter murid ini...bila kita sudah mengerahui yah taru saja 50% itu sudah cukup dan sambil jalan kita nantinya akan tau lebih jauh. ini juga cara tehnik mengajar musik.
3. dalam mengajar janga kita selalu memfonis si murid bila tidak bisa bermain musik. anda harus sadar tidak semua murid ada kenauan belajar, bila anda marahi tentunya ini akan berdampak buruk dan si murid akan stres dan akhirnya murid akan keluar dan tidak mau belajar lagi. anda harus bersabar.
4. kita selalu di hadapi permasalahan dengan muri yang tak pernah belajar atau latihan, nah ini peran kita bagaimana agar murid itu mau belajar. dengan cara berkomunikasi kemurid dengan baik serta bicarakan ini pada orang tua murid ini jg sangat perlu kita lakukan kenapa..? biasanya orang tua murid selalu menanyakan keadaan anaknya apakah ada kemajuan atau tidak, tapi bila kita tidak berkomunikasi dengan orang tua murid ini nantinya akan menjadi problem untuk anda.
5. anda harus sadar bila melatih musik itu tidak mudah, apa lagi musik itu bisa dikatakan musik serius musik yang membutuhkan kedisiplinan, jadi anda harus mencari cara bagaimana agar murid itu mau mengerti dan belajar dengan tekun, dan sebelum murid anda bisa dengan benar jangan pindah halaman.
6. Bila kia berhadapan dengan murid yang pintar dan cepat bisa disini anda jangan terlena dengan mengajar tentunya anda harus lebih banyak latihan juga, karena bila kita menghadapi murid yang seperti itu, pastilah makin lama makin maju dan biar hasilnya lebih brkualitas tentunya juga anda lebih giat belajar supaya murid anda menjadi murit yang berkualitas..
7. cobalah intuk bertanggung jawab pada murid seperti kehadiran jangan sampai murid kita menunggu, di usahakan kita yang menunggu murid dan jangan selalu meninggalkan ruangan bila tidak ada kepentingan yang berarti.
Nah ini adalah beberapa tehnik cara mengajar musik sebenarnya masih banya yang belum saya ungkapkan seperti, bila kita berhadapan dengan murid junior pri dan wanita, bangai mana menghadapi murit autis, bagaimana bila kita berhadapan dengan siswa perempuan, dan bagaimana bila kita berhadapan dengan murit yang jauh dari umur kita atau lebih tua dari kita. nah ini yang belum saya ungkapkan tapi jangan kawatir semua akan saya jelaskan sesuai dengan pengalaman saya yang pernah saya alami, dan sekali lagi setiap guru punya cara masing-masing dan punya tehnik masing-masing bila anda tergolong yang baru mulai mengajar untuk uang pertama kalinya, tidak salahnya anda membaca blok saya dan kita saling sering dan saling tukar pangalaman, ini akan membantu anda untuk lebih profesional lagi dan di sukai siswa-siswi anda, untuk selebihnya saya mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang tepat yang saya tulis, karena setiap manusia tidak ada yang sempurna. unuk para guru musik yang tak sengaja membaca blok ini bisa memberi pemasukan atau saran atau bisa berbagi pengalaman dalam mengajarnya......I LOVE YOU FULL MUSIK ...

10 comments:

  1. bener tuh mas kalau ketemu murid yang yenak ya enak tapi kelau ketemu murid yang dableg ini yang bikin saya setres...tapi setelah saya baca blog mas jadi aga sedikit terbuka...

    ReplyDelete
  2. boleh mas bagi-bagi ilmu saya masih baru jadi guru..tapi belum resmi...sekalian minta tipsnya dong gimana biar lulus audisi yamaha...hehehehe boleh ya mas...?

    ReplyDelete
  3. ya memang ga enak kalau ketemu murit yang sulit diajarin maaf kalau bisa jangan mengatakan dengn kata dablek. karena itu adalah murid anda. nah ini anda di butuhkan kesabaran dan cobalah beberapa tehnik dan berbagai cara. dan ini adalah tantangan buat anda...

    ReplyDelete
  4. untuk anonim yang ke 2 silahkan saja dengan senang hati saya akan membantu agar anda bisa lulus audisi yamaha dan baca terus blok saya tentang tehnik mengajar dan sesuatu yang baru..oke slamat bro..

    ReplyDelete
  5. oh ya mas saya akan bertanya sebenarnya berapa lagu sih yang akan di mainkan saat audisi guru..?

    ReplyDelete
  6. kalau lagu yang di siapkan sebenarnya ada 3 tapi biasanya tidak semua 3 lagu yang di mainkan paling hanya satu saja nah yang kedua itu untuk cadangan bila anda lupa saat main lagunya.

    ReplyDelete
  7. kalau gitu boleh ga nas saya minta di priksa lagunya apakah saya sudah layak untk ikut uadisi...hehehe ga apa-apakan mas saya minta tolong...

    ReplyDelete
  8. ga apa silahkan saja dengan senang hati saya akan mengajarkan ke anda datang saja ketempat saya mengajar...

    ReplyDelete
  9. oke mas kalau gi thx banget ya mas...

    ReplyDelete
  10. broo.. saya kan pertama kalinya jadi guru nih,,
    boleh minta tipsnya nggak, gimana caranya mengajar musik supaya murid kita ngga jenuh/bosen ?

    terus hal apa yg harus kita lakuin biar murid kita tertarik dan senang dengan pelajaran musik yg kita ajarkan ?

    thx iia.

    ReplyDelete